Thursday, February 2, 2012

Once Jajal Pasar Lewat "Hilang Naluri"

Dalam album solo perdananya yang akan dirilis pada Maret 2012, vokalis Elfonda Mekel sudah menyiapkan single "Hilang Naluri" sebagai lagu utama album yang belum diberi tajuk itu.

Lagu andalannya itu diungkapkan Once merupakan hasil kerja samanya bersama duo pencipta lagu Pay dan Dewiq. "'Hilang Naluri' bukan lagu (ciptaan) saya sendiri, tapi Pay dan Dewiq," jelas Once dalam Kompas.com Music Corner, yang disiarkan langsung oleh Radio Sonora 92.0 FM dari kantor redaksi Kompas.com di Jakarta, Rabu (1/2/2012).

Diceritakan Once, single yang sedang dipromosikannya di radio-radio itu dicipta oleh Pay dan Dewiq pada 2007. Namun, akhirnya Pay dan Dewiq memercayakan lagu "Hilang Naluri" dinyanyikan oleh Once. "Waktu itu saya datang ke tempat Pay, main ke studionya. Pas main-main saya nunjukin lagu-lagu saya, dia juga gitu. Kebetulan Hilang Naluri ini lagunya cocok, terus kami main, nge-jam, sambil direkam, semua berjalan natural dan fun, kebetulan hasilnya oke juga," cerita Once.

Untuk lagu "Mystified", yang menjadi lagu lainnya dalam album solo perdana Once, vokalis berdarah Manado itu juga bekerja sama dengan band Gugun Blues Shelter. Kali ini, Once menciptanya sendiri dalam lirik berbahasa Inggris. "Mereka (Gugun Blues Shelter) itu sering bikin lagu di studio saya. Sementara saya bikin lagu 'Mystified' itu dari tahun 1992 dan ternyata lagunya cocok dengan musiknya Gugun Blues Shelter. Ya sudah, saya kasih konsep dan kord dasarnya, besoknya kami latihan sekali terus langsung rekaman live cuma dua hari," ceritanya lagi.

Meski bekerja sama dengan banyak pemusik, Once, yang kini dikawal Bandnya Once Mekel (BOM)--Iwan May (gitar), Wawan (gitar), Mike (bas), Popo (keyboard), dan Hengky Alexander (drum)-- mengaku tetap mengasah kemampuannya dalam mencipta lagu. "Latihan lagu-lagu baru, bikin-bikin lagu, dan latihan lagu-lagu yang sudah jadi yang mau dirilis, buat dibikin aransemen yang baru. Itu fun banget," kata Once.

No comments:

Post a Comment